Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Input Meter Bulanan

Pada tahap ini merupakan proses kalkulasi pemakaian air dan biaya dalam setiap bulan yang harus dibayar oleh pelanggan, silahkan klik Input Meter atau tekan F3

Cukup mudah bukan...?
















nah kalau sudah muncul gambar seperti disamping anda cara pertama anda tinggal memasukan NOPEL (nomor pelanggan) lalu tekan enter, sampai data pelanggan yang bersangkutan muncul, lalu isikan meter awal dan meter akhir apabila ini merupakan anda pertama kali mengunakan program ini, dan apabila program sudah jalan atau bulan berikutnya anda tinggal memasukan meter akhir saja, selanjutnya tinggal enter----enter----enter dan selesai....untuk pelanggan berikutnya anda tidak perlu memasukan nomor lagi, karena program sudah bisa otomatis membaca urutan pelanggan berikutnya.

untuk cara yang kedua, kita sebenarnya tidak perlu repot-repot memasukan nopel, pada kota nopel silahkan tekan F3, disitu akan muncul menu pencarian pelanggan, anda tinggal memasukan kata kunci nama pelanggan (tidak perlu lengkap, minimal 4 huruf nama pelanggan) maka akan ditampilkan nama pelanggan yang sesuai dengan kata kunci dan selanjutnya cukup dengan anak panah pada keyboard untuk memilihnya, dan apabila sudah tepat tinggal enter saja.





Keterangan :
1. Batas Minimal adalah fungsi untuk pembatasan minimal pemakaian misalkan pada setting golongan R, posisi meter adalah 10, maka apabila Batas Minimal tercentang pemakaian dibawah sama dengan 10 m akan dikenakan biaya 10 x harga Meter 1, artinya 10 x Rp. 800,- dan apabila Batas Minimal tidak tercentang maka misalkan pemakaian 7m akan dikalikan langsung dengan Harga Meter 1==> 7 m x Rp. 800

2. Hitung Ulang adalah sebuah fungsi untuk mengkalkulasi ulang hasil input meter, dan fungsi ini dapat dimanfaatkan apabila proses input meter sudah selesai dan ternyata ada perubahan harga pada settingan golongan maka fungsi ini dapat digunakan.

3. Check adalah fungsi untuk mengecek siapa saja pelanggan yang pemakaiannya diatas isian katok disamping Tombol Cek, berguna untuk mengetahui pelanggan yang pemakaiannya terlalu banyak atau mungkin hanya salah input saja.

4. F5 pada kotak Nopel adalah sebuah fungsi untuk memunculkan hasil Input Meter Bulanan, yang berguna untuk :
a. Memunculkan daftar dan rekap tagihan beserta nota tagihan, berdasarkan Input Meter yang telah dilakukan.
b. Prin Out untuk Petugas Catat Meter .

5. F4 pada kotak nopel adalah sebuah fungsi untuk mengetahui pelanggan yang belum ter-input meter bulanan

0 komentar:

Posting Komentar

Ruang Konsultasi

Untuk Konsultasi Hub. Sdr Jumari (0341) 442 5758, Jauhari (0341) 777 2027